Teknologi Informasi & Komunikasi

Jl. Raya Citarik Desa Jatireja Kecamatan Cikarang Timur

Kompetensi Dasar

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk

 Sekolah Menengah Pertama

 

  1. Latar Belakang

Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang  dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.

Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai  dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari,  teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diajarkan sebagai salah satu mata pelajaran Keterampilan yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara terpisah atau bersama-sama dengan mata pelajaran keterampilan lainnya. Alokasi waktu pembelajarannya secara keseluruhan untuk jenjang SMP/MTs  adalah 72 jam pelajaran untuk selama 3 tahun, atau  ekivalen dengan 2 jam pelajaran per minggu untuk waktu 1 tahun jika mata pelajaran ini dibelajarkan secara terpisah dan mandiri

 

B.   Tujuan

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Memahami teknologi informasi dan komunikasi
  2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
  3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
  4. Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

C.   Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
  2. Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas VII,  Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
1.1   Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

1.2   Mendeskripsikan sejarah perkembangan  teknologi informasi dan  komunikasi dari masa lalu sampai  sekarang

1.3   Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari

1.4   Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

1.5   Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

2.   Mengenal operasi dasar peralatan komputer                                     Mengaktifkan komputer sesuai prosedur

Mematikan komputer sesuai prosedur

Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis

 

Kelas VII, Semester  2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer
          Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer

Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi

Memahami kegunaan dari beberapa program aplikasi

Mempraktikkan satu program aplikasi

E.  Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

« Adm Pembelajaran


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: