Teknologi Informasi & Komunikasi

Jl. Raya Citarik Desa Jatireja Kecamatan Cikarang Timur

RPP SMT 2

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Nama Sekolah : SMPN 2 Cikarang Timur
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar : 3.1. Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer.
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 2 x 40 menit )

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Disediakan seperangkat komputer, peserta didik dapat:

– menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input dengan tepat.

– menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses dengan tepat.

– menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output dengan tepat.

– menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpan

 

Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

B.  Materi Pembelajaran

Perangkat keras ( Hardware )

  • Alat input
  • Alat proses
  • Alat output
  • Media penyimpan

 

C.  Metode Pembelajaran

Pendekatan CTL

Model Cooperative Learning

 

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

      Pertemuan pertama

1. Kegiatan Pendahuluan

apresiasi  dan motivasi  :

  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.
  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.
  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpan.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Peserta didik membentuk kelompok diskusi

 

 

2. Kegiatan Inti

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Peserta didik melihat media tentang perangkat keras

F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

 

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi

F  Mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input

F  Mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses

F  Peserta didik mengerjakan lembar kerja.

 

  • § Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat keras.

 

Pertemuan kedua

1. Kegiatan Pendahuluan

apresiasi  dan motivasi  :

  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

2. Kegiatan Inti

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Peserta didik  melihat media tentang perangkat keras

F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

 

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi

F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi

F  Peserta didik mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat  output.

F  Peserta didik mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat  penyimpan

F  Peserta didik mengerjakan lembar kerja.

 

  • § Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat keras.

 

E.  Sumber Belajar

Seperangkat komputer, buku petunjuk praktek, LKS.

 

F.  Penilaian 

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

  • Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input
  • Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses
  • Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
  • Mengidentifikasi media penyimpan data.
Tes praktik (kinerja)

 

Tes praktik (kinerja)

 

Tes praktik (kinerja)

 

Tes praktik (kinerja)

 

Tes identifikasi

 

Tes identifikasi

 

Tes identifikasi

 

Tes identifikasi

 

Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat input!

 

Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat proses!

 

Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat output!

 

Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan!

 

Mengetahui,

Kepala SMPN 2 Cikarang Timur

 

 

 

 

SUMARDI, S.Pd

NIP: 19570727 197903 1013

  Cikarang Timur, Juli 2011

Guru Mapel TIK

 

 

 

 

SARIM, S.Kom

NIP : –

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Nama Sekolah : SMPN 2 Cikarang Timur
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar : 3.2.Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 2 x 40 menit )

 

  1. Tujuan Pembelajaran

Dihadapkan dengan seperangkat komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah kata dengan tepat.

  • Dihadapkan dengan seperangkat komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah angka dengan tepat.
  • Dihadapkan dengan seperangkat komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah grafis dengan tepat.
  • Dihadapkan dengan seperangkat komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah presntasi/multimedia dengan tepat.

 

Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

  1. Materi Pembelajaran

Perangkat lunak aplikasi (Application Software)

 

  1. Metode Pembelajaran

Pendekatan CTL

Model Cooperative Learning

 

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama

1. Kegiatan Pendahuluan

apresiasi  dan motivasi  :

  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah kata
  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah angka
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

2. Kegiatan Inti

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Melihat media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah kata.

F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

 

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi

F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi

F  Melihat media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah angka.

F  Mengerjakan lembar kerja.

 

  • § Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah kata dan pengolah angka.

 

Pertemuan kedua

1. Kegiatan Pendahuluan

apresiasi  dan motivasi  :

  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah grafis
  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah presentasi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

2. Kegiatan Inti

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Melihat media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah grafis.

F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

 

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi

F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi

F  Melihat media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah presentasi / multimedia.

F  Mengerjakan lembar kerja.

 

  • § Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah grafis dan program aplikasi pengolah presentasi / multimedia.

 

  1. Sumber Belajar

Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximile, multi media dll.), buku petunjuk praktek, lembar kerja, dsb.

 

  1. Penilaian 

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

  • Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata

 

  • Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka
  • Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis
  • Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis presentasi/multi-media
Tes praktik (kinerja)

 

 

Tes praktik (kinerja)

 

 

Tes praktik (kinerja)

 

 

Tes praktik (kinerja)

Tes identifikasi

 

 

Tes identifikasi

 

 

Tes identifikasi

 

 

Tes identifikasi

 

Tunjukkanlah perangkat  lunak program aplikasi berbasis pengolah kata yang terinstal di komputer!

 

Tunjukkanlah perangkat  lunak program aplikasi berbasis pengolah angka yang terinstal di komputer!

 

Tunjukkanlah perangkat  lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis yang terinstal di komputer!

 

Tunjukkanlah perangkat  lunak program aplikasi berbasis presentasi/multi media yang ter-install di komputer!

 

Mengetahui,

Kepala SMPN 2 Cikarang Timur

 

 

 

 

SUMARDI, S.Pd

NIP: 19570727 197903 1013

  Cikarang Timur, Juli 2011

Guru Mapel TIK

 

 

 

 

SARIM, S.Kom

NIP : –

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Nama Sekolah : SMPN 2 Cikarang Timur
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester : VII (tujuh)/ 2 (Dua)
Standar Kompetensi : 3.   Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar : 3.3 Memahami kegunaan dari beberapa program

aplikasi

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x 40 menit )

 

A. Tujuan Pembelajaran

  • Disajikan seperangkat komputer di ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa  contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata dengan tepat dan benar
  • Disajikan seperangkat komputer di ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa  contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka dengan tepat dan benar
  • Disajikan seperangkat komputer di ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa  contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis dengan tepat dan benar
  • Disajikan seperangkat komputer di ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa  contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi presentasi/multimedia

 

Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

  1. B.     Materi Pembelajaran

Kegunaan program aplikasi.

 

  1. C.     Metode Pembelajaran

Pendekatan CTL Model Cooperative Learning

 

      D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

     Pertemuan pertama :

1. Kegiatan Pendahuluan

apresiasi  dan motivasi  :

  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi berbasis pengolah kata.
  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi berbasis pengolah angka
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

2. Kegiatan Inti

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah kata .

F  Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah angka.

F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

 

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi

F  Peserta didik mendiskusikan hasil tayangan tersebut

F  Mencari  informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang kegunaan beberapa program aplikasi pengolah kata dan program aplikasi pengolah angka.

F  Mengerjakan lembar kerja.

 

  • § Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

         Pertemuan Kedua:

1. Kegiatan Pendahuluan

apresiasi  dan motivasi  :

  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi pengolah grafis.
  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi pengolah presentasi / multimedia.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

2. Kegiatan Inti

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah grafis.

F  Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah presentasi / multimedia.

F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

 

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi

F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi

F  Peserta didik mendiskusikan hasil tampilan perangkat lunak aplikasi pengolah grafis.

F  Peserta didik mendiskusikan hasil tampilan perangkat lunak aplikasi pengolah presentasi / multimedia.

F  Peserta didik menyebutkan nama dan contoh program aplikasi pengolah grafis pada tampilan monitor.

F  Peserta didik menyebutkan nama dan contoh program aplikasi pengolah presentasi / multimedia pada tampilan monitor.

F  Mengerjakan lembar kerja.

 

  • § Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

 

E.   Sumber Belajar

Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

 

F.   Penilaian 

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

  • Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata

 

  • Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka

 

  • Menyebutkan  berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi  pengolah grafis

 

 

 

 

  • Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi  presentasi/ multimedia
Tes tertulis

 

 

 

 

Tes tertulis

 

 

 

 

Tes tertulis

 

 

 

 

 

 

 

Tes tertulis

 

 

 

 

Uraian/

 

 

 

 

Uraian

 

 

 

 

Pilihan ganda

 

 

 

 

 

 

Uraian

Sebutkanlah kegunaan program pengolah kata!

 

 

 

Sebutkanlah kegunaan program pengolah angka!

 

 

 

Program aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat poster merupakan program pengolah ….

  1. kata
  2. angka
  3. grafis
  4. presentasi

 

Sebutkanlah kegunaan program presentasi!

 

Mengetahui,

Kepala SMPN 2 Cikarang Timur

 

 

 

 

SUMARDI, S.Pd

NIP: 19570727 197903 1013

  Cikarang Timur, Juli 2011

Guru Mapel TIK

 

 

 

 

SARIM, S.Kom

NIP : –

 

 

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah : SMPN 2 Cikarang Timur
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester : VII (tujuh)/ 2 (Dua)
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar : 3.4. Mempraktikkan satu program aplikasi.
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (2 x 40 menit)

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mengidentifikasi menu pada taskbar dengan tepat.

  • Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mengidentifikasi menu pada desktop dengan tepat.
  • Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada taskbar dengan tepat.
  • Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada desktop dengan tepat.
  • Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mempraktikkan satu program aplikasi.

 

Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

 

B. Materi Pembelajaran

Menu dan shortcut program aplikasi.

 

C. Metode Pembelajaran

Pendekatan Model CTL dan life skill

 

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama

1. Kegiatan Pendahuluan

apresiasi  dan motivasi  :

  • Menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya tentang kegunaan program aplikasi.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

2. Kegiatan Inti

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  peserta didik dapat mengidentifikasi menu pada desktop dengan tepat.

F  peserta didik dapat mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada taskbar dengan tepat.

F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

 

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi

F  Peserta didik mementuk kelompok

F  Mengidentifikasi menu pada taskbar.

F  Mengidentifikasi menu pada desktop

F  Mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada taskbar

F  Mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada desktop

F  Mengaktifkan komputer dengan prosedur yang benar.

F  Mengaktifkan satu program aplikasi melalui menu pada taskbar.

F  Mengakhiri penggunaan program

F  Mematikan komputer dengan prosedur yang benar

F  Mengerjakan lembar kerja.

 

  • § Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran menu dan shortcut program aplikasi.

 

Pertemuan Kedau

1. Kegiatan Pendahuluan

apresiasi  dan motivasi  :

  • Menanyakan kembali pembelaaran sebelumnya tentang mengaktifkan satu program aplikasi melalui menu pada taskbar.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

2. Kegiatan Inti

  • § Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  peserta didik dapat mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada desktop dengan tepat.

F  peserta didik dapat mempraktikkan satu program aplikasi.

F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

 

  • § Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi

F  Peserta didik mementuk kelompok

F  Mengaktifkan komputer dengan prosedur yang benar.

F  Mengaktifkan satu program aplikasi melalui menu pada desktop.

F  Mengakhiri penggunaan program

F  Mematikan komputer dengan prosedur yang benar.

F  Mengerjakan lembar kerja.

 

  • § Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran praktik membuka satu program aplikasi melalui menu pada desktop.

 

 

  1. Sumber Belajar

Perangkat komputer

Buku paket

Lembar kerja peserta didik

F.  Penilaian 

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

  • Mengidentifkasi menu dan shortcut program aplikasi pada taskbar dan desktop

 

  • Mempraktikkan  satu program aplikasi
Tes praktik (kinerja)

 

 

Tes

Unjuk kerja

 

Tes identifikasi

 

 

Tes uji kerja

Tunjukkanlah menu dan shortcut program aplikasi pada taksbar dan desktop!

 

Aktifkanlah salah satu program aplikasi yang terinstall di komputer!

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMPN 2 Cikarang Timur

 

 

 

 

SUMARDI, S.Pd

NIP: 19570727 197903 1013

  Cikarang Timur, Juli 2011

Guru Mapel TIK

 

 

 

 

SARIM, S.Kom

NIP : –

« Adm Pembelajaran


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: