Teknologi Informasi & Komunikasi

Jl. Raya Citarik Desa Jatireja Kecamatan Cikarang Timur

Silabus

Silabus pembelajaran

Sekolah                                    :  SMPN 2 Cikarang Timur

Kelas                                        :  VII (tujuh)

Mata Pelajaran                       :  Teknologi Informasi dan Komunikasi

Semester                                 :  1 (satu)

Standar Kompetensi             :  1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran *

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

1. 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, sekolah dan sekitarnya
  • Menemukan informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengamati tayangan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan di berbagai bidang  kehidupan
  • Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang
  • Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Tes tertulis

Tes Tertulis

Uraian

Uraian

Tunjukkanlah gambar  yang termasuk  peral-atan teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya.

Jelaskan fungsi dari faximail!

1 x 40 Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.),

buku paket, lembar kerja

1.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
  • Mendiskusikan tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
  • Melakukan studi pustaka  tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
  • Melihat tayangan tentang perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
  • Membuat kesimpulan tentang perkem bangan teknologi informasi dan komunikasi dari tayangan
  • Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi
  • Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  beserta fungsinya
Tes tertulis

Ter tertulis

Uraian/ pilihan ganda

Uraian

Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!

Deskripsikanlah  fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan perkembangan penemuannya!

2 x 40 Perangkat TIK (komputer, telepon/  hand-phone, faximail, multi media dll.),

buku paket, lembar kerja

1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Peran teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang
  • Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan
  • Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan
  • Menyebutkan  peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan
  • Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
Tes tertulis

Tes tertulis

Uraian

Uraian

Sebutkan  peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan!

Jelaskanlah peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!

1 x 40 Media cetak, kehidupan sehari-hari,

tampilan visual (gambar, video dll.)

1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengamati keuntungan  penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan di berbagai bidang
  • Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi
Tes tertulis

Tes tertulis

Uraian

Uraian

Sebutkanlah keuntungan- keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!

Sebutkanlah berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi!

1 x 40 Media cetak, kehidupan sehari-hari,

tampilan visual (gambar, video dll.)

1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengidentifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari hari  dan di  berbagai bidang
    • Melakukan studi pustaka tentang dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
    • Mengamati tayangan tentang dampak negatif pengunaan teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan
  • Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan
Tes tertulis

Tes tertulis

Uraian

Uraian

Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!

Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan!

1 x 40 Media cetak, kehidupan sehari-hari,

tampilan visual (gambar, video dll.)

Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)


Silabus pembelajaran

Sekolah                                    :  SMPN 2 Cikarang Timur

Kelas                                        :  VII (tujuh)

Mata Pelajaran                       :  Teknologi Informasi dan Komunikasi

Semester                                 :  1 (satu)

Standar Kompetensi             :  2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran *

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur Mengaktifkan komputer
  • Melakukan pengamatan terhadap perangkat keras yang berfungsi untuk mengaktifkan komputer
  • Mengamati demontrasi cara mengaktifkan komputer
  • Mempraktikkan  menyalakan komputer
  • Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
  • Melakukan proses ”cold boot
  • Melakukan proses ”warm boot
Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes Identifikasi

Tes uji kerja

Tes uji kerja

Tunjukkanlah tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer!

Aktifkanlah komputer melalui proses ”coldboot”!

Aktifkanlah komputer melalui proses ”warmboot”!

1 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja
2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur Mematikan komputer
  • Mengamati demontrasi mematikan komputer
  • Mempraktikkan mematikan komputer dengan berbagai cara
  • Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur
  • Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur
Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes uji kerja

Tes uji kerja

Matikanlah komputer menggunakan fungsi perintah!

Matikanlah komputer dengan menggunakan fungsi tombol pada hardware!

1 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja
2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis Sistem operasi

Pengelolaan  file dan folder

  • Mempraktekkan penggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM) untuk mengatur tampilan
  • Menggunakan  file manager untuk mengelola file dan folder

(Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)

  • Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)
  • Menggunakan  file manager untuk mengelola file dan folder

(Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)

Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes uji kerja

Tes uji kerja

Aktifkan Shortcut pada desktop!

Aktifkan menu pada menu taskbar!

Buatlah folder pada My document!

4 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja
Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)


Silabus pembelajaran

Sekolah                                    :  SMPN 2 Cikarang Timur

Kelas                                        :  VII (tujuh)

Mata Pelajaran                       :  Teknologi Informasi dan Komunikasi

Semester                                 :  2 (dua)

Standar Kompetensi             :  3. Mempraktekkan keterampilan dasar komputer

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran *

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

3. 1. Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer Perangkat keras (hardware)

  • Alat input
  • Alat Proses
  • Alat Output
  • Alat penyim pan data
  • Melihat visualisasi tentang perangkat keras
  • Mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input, proses dan output.
  • Mengidentifikasi  perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input, proses dan output.
  • Mengamati alat-alat yang dapat digunakan untuk menyimpan data melalui gambar atau benda konkrit.
  • Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input
  • Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses
  • Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
  • Mengidentifikasi media penyimpan data.
Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes identifikasi

Tes identifikasi

Tes identifikasi

Tes identifikasi

Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat input!

Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat proses!

Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat output!

Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan!

2 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja, media penyimpanan
3.2. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi Perangkat lunak aplikasi (Application Software )
  • Mengamati program aplikasi yang ter-install di komputer
  • Menemukan berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata
  • Menemukan berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka
  • Menemukan berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis
  • Menemukan berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis  presentasi/multi-media
  • Melakukan studi pustaka tentang perangkat lunak
  • Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata
  • Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka
  • Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis
  • Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis presentasi/multi-media
Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes identifikasi

Tes identifikasi

Tes identifikasi

Tes identifikasi

Tunjukkanlah perangkat  lunak program aplikasi berbasis pengolah kata yang terinstal di komputer!

Tunjukkanlah perangkat  lunak program aplikasi berbasis pengolah angka yang terinstal di komputer!

Tunjukkanlah perangkat  lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis yang terinstal di komputer!

Tunjukkanlah perangkat  lunak program aplikasi berbasis presentasi/multi media yang ter-install di komputer!

2 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja
3.3. Mengidentifikasi kegunaan dari beberapa program aplikasi Kegunaan program aplikasi
  • Melakukan studi pustaka tentang kegunaan program aplikasi
  • Mengamati tayangan hasil produk penggunaan perangkat lunak aplikasi melalui media visual
  • Mengamati contoh-contoh hasil karya program aplikasi
  • Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata
  • Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka
  • Menyebutkan  berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi  pengolah grafis
  • Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi  presentasi/ multimedia
Tes tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis

Uraian/

Uraian

Pilihan ganda

Uraian

Sebutkanlah kegunaan program pengolah kata!

Sebutkanlah kegunaan program pengolah angka!

Program aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat poster merupakan program pengolah ….

  1. kata
  2. angka
  3. grafis
  4. presentasi

Sebutkanlah kegunaan program presentasi!

2 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja, multi media
3.4. Mempraktikan satu program aplikasi Menu dan shortcut program aplikasi
  • Menemukan menu dan shortcut program aplikasi pada taskbar dan desktop
  • Menampilkan shortcut program aplikasi pada taskbar dan desktop

 

  • Mempraktikan  satu program aplikasi
  • Mengidentifkasi menu dan shortcut program aplikasi pada taskbar dan desktop

 

 

  • Mempraktikkan  satu program aplikasi
Tes praktik (kinerja)

Tes

Unjuk kerja

Tes identifikasi

Tes uji kerja

Tunjukkanlah menu dan shortcut program aplikasi pada taksbar dan desktop!

Aktifkanlah salah satu program aplikasi yang terinstall di komputer!

2 x 40 Perangkat komputer, buku paket, lembar kerja
Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Mengetahui,

Kepala SMPN 2 Cikarang Timur

 

 

 

 

SUMARDI, S.Pd

NIP: 19570727 197903 1013

  Cikarang Timur, Juli 2011

Guru Mapel TIK

 

 

 

 

SARIM, S.Kom

NIP : –

« Adm Pembelajaran


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: