Teknologi Informasi & Komunikasi

Jl. Raya Citarik Desa Jatireja Kecamatan Cikarang Timur

Mouse

Pengertian Mouse atau Tetikus

Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. disebut tetikus karena bentuknya yang bulat seperti tikus dan kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus

Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.

Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

Bahaya Penggunaan Mouse OptikKenyamanan optical mouse ternyata mempunyai efek samping yang cukup berbahaya. 3 tahun setelah peluncurannya oleh Microsoft, telah ditemukan ribuan kasus “kelainan” atas jaringan tangan sebagai akibat dari radiasi yang dipancarkan oleh optical mouse. Optical mouse memang mengeluarkan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi di bawahnya. Frekuensi yang digunakan lebih besar daripada frekuensi sebuah handphone. Sebagaimana kita ketahui bahwa, telapak tangan dan kaki merupakan pusat syaraf-syaraf tubuh, radiasi yang dirasakan oleh telapak tangan, bisa menumbuhkan pengaruh yang sangat fatal pada kesehatan, dan menurut WHO : radiasi dari mouse sama dengan 5 kalinya radiasi handphone. Terlebih radiasi mouse jadi lebih sangat berbahaya karena dipegang terus-terusan oleh user. WHO, GreenPeace dan CNN telah memberhentikan penggunaan optical mouse untuk semua kegiatan kantornya, selain itu Microsoft dan IBM mengeluarkan dana 2 milyaran dolar untuk bekerjasama membuat “pointing device” yang lebih aman. Industri-industri hardware di Cina dan Taiwan mencoba untuk menutup-nutupi efek negatif dari optical mouse ini. Kalau kita perhatikan sekarang ini, mouse-mouse optical yang beredar di pasaran diproduksi oleh merk-merk yang tidak terkenal, karena mouse-mouse itu hanyalah sisa produksi industri besar yang telah memberhentikan produksinya. Maka dari itu, janganlah terlalu sering memegang mouse, lebih baik bila dibutuhkan saja, lebih penting lagi dengan menggunakan hot key daripada menggunakan mouse, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu, lebih baik “back to past” dengan menggunakan mouse beroda. Semoga bermanfaat 🙂

« Input


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: