Teknologi Informasi & Komunikasi

Jl. Raya Citarik Desa Jatireja Kecamatan Cikarang Timur

Printer

pengertian printer,Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.

Tiga macam printer , yaitu :

1) Impact Printer 

Printer ini sering juga disebut hammer, karena pencetakan dilakukan dengan memukulkan sekelompok pin (jarum) ke pita tinta. Letak pin-pin ini sangat berdekatan sehingga membuat tampilan huruf relatif tidak terputus. Jumlah pin yang ada sekitar 9 hingga 24 pin. Semakin banyak jumlah pin, maka hasil cetakan akan labih halus, sekalipun tak sehalus hasil cetakan kalaw menggunakan printer ink-jet ataupun laser. Selain itu, priter jenis ini seringkali berisik.

Yang termasuk dalam kategori priter impact adalah :

  • Dot Matrix (printer yang menggunakan kepala cetak berupa sekumpulan jarum)
  • Daisy Wheel (printer yang menggunakan roda yang berisi karakter – karakter)
  • Line Printer (printer yang mencetak satu baris per waktu)

Meskipun memiliki berbagai kelemahan sebagaimana telah disebutkan, keunggulan printer jenis ini teletak pada kemampuannya untuk mencetak pada kertas rangkap, suatu hal yang tak dapat dilakukan oleh printer jenis lainnya. Selain itu, keandalan dan biaya operasinya yang murah membuat printer Jenis ini banyak digunakan berbagai perusahaan. Printer Janis ini kini termasuk mahal harganya.

Karakteristik yang membedakan printer – printer Jenis ini adalah sebagi berikut :

  • Kecepatan

Kecepatan printer impact dinyatakn dalam CPS ( Characters Per Second), yang besarnya sekitar 50 sampai 500 cps. Kecepatan ini juga bergantung kapada kualitas cetakan yang dikehendaki. Semakin tinggi kualitasnya, maka kecepatannya akan menurun.

  • Kualitas percetakan

Kualitas percetakan bergantung kapada jumlah pin yang dimiliki oleh printer. Printer don-matrix yang terbagus mamiliki 24 pin dapat menghasilkan cetakan mendekati katikan ( letter – quality ).

aPrinter Dot Matrik

Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal ‘bandel’ (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.

b. Printer daisy wheel,

printer ini adalah mesin tik elektronik. Bekerja dengan menggunakan roda – roda yang dapat berputar pada porosnya. Pada tepi roda terpasang huruf – hiruf yang digunakan sebagai pencetak.

2) Non Impact Printer

Printer Laser Jet

Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.

 

 

Printer Inkjet

Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer

 

 

Prinsip yang utama suatu pencetak laser adalah keelektrikan statik, yang sama energi yang membuat alat pengering tetap bersatu .Keelektrikan statik adalah hanya suatu [beban/ tugas] yang elektrik penuh dibatasi obyek, yang dibebankan tertarik untuk satu sama lain, object dengan bidang keelektrikan statik kebalikan melekat bersama-sama.

Suatu pencetak laser digunakan  sebagai sort;jenis dari ” lem yang temporer.” Komponen inti dari sistem ini adalah photoreceptor, secara khas suatu silinder atau drum yang berputar. Perakitan drum ini dibuat dari material photoconductive yang dipisah oleh satuan energi dalam cahaya .

3) Plotter

Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.

 
Head dari plotter terdiri dari beberapa buah pena berwarna yang secara terus-menerus akan bergerak keatas kertas gambar guna menghasilkan gambar yang sebelumnya telah dirancang pada sistem komputer. Secara umum, bagian yang ada didalam plotter terbagi menjadi dua, yaitu drum-plotter dan table-top-plotters (flatbad). Flatbad plotter yang dilengkapi dengan pena ataupun gantungan pena yang selalu bergerak menyelusuri permukaan kertas guna menghasilkan gambar

 

Inkjet Plotters merupakan plotter jenis lain yang bisa menghasilkan berbagai image dengan menggunakan semprotan tinta dari pelbagai warna yang mana warna ini kemudian akan menempel pada kertas yang tergulung pada sebuah drum. Komputer yang dihubungkan dengan inkjet plotter ini, akan mengontrol pergerakan drum serta semprotan dari tinta yang bersangkutan. Inkjet plotter dapat menghasilkan pelbagai kombinasi warna gambar secara cepat, tenang dan tepat.

 

Jenis Keuntungan Kelemahan Kecepatan
Laser a. Tak berisik

b. Kualitas bagus

c. Dapat mencetak teks dan gambar

d. Kecepatan tinggi

a. Harga mahal, terutama untuk warna

 

4 – 25

Halaman/ menit

Ink-jet a. Tak berisik

b. Dapat mencetak teks dan grafik

c. Relatif lebih murah

d. Cepat

a. Relatif lebih lambat

b. Jumlah dot per inci lebih sedikit

 

1 – 4

Halaman/ menit

Thermal b. Tak berisik

c. Kualitas warna sangat tinggi

a. Kertas khusus

b. Pelan

4 – 5

Halaman/ manit

 

« Output


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: