Teknologi Informasi & Komunikasi

Jl. Raya Citarik Desa Jatireja Kecamatan Cikarang Timur

CD/DVD

A. Pengertian CD (Compack Disk)

Dalam hal ini CD yang digunakan adalah CD-R (CD-ROM), CD-R/W (CD Re-Writable), dan yang saat ini berkembang adalah DVD-R dan DVD R/W. CD Drive merupakan tempat untuk meletakkan CD judul CD-R maupun CD R/W. secara fisik bentuk kedua CD tersebut sama, begiu juga kapasitas penyimpanannya antara 500 MB sampai dengan 800 MB. Namun secara fungsi kedua CD tersebut berbeda. CD-R pun begitu dilakukan burning (pembakaran) tidak bisa dihapus lagi, ini artinya proses pengisian atau penyimpanan data hanya bisa dilakukan sekali. Lain halnya dengan CD R/W, setelah kita melakukan penyimpanan data pada CD tersebut, data kemudian bisa dihapus dan selanjutnya dilakukan pengisian lagi. Meskipun kapasitas penyimpanan datanya lebih kecil dibandingkan dengan hard disk namun kelebihan penyimpanan data dalam bentuk CD adalah selain portable, juga tidak bisa terkena virus (untuk CD – Read). Kecepatan pembacaan data ditunjukkan dengan kecepatan yang tertera pada perangkat CD/DVD tersebut misalnya CD RW 52 X-24X-52

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/computers/2068216-pengertian-cd/#ixzz1CCWnrFEU

B. Penegertian DVD (Digital Versatile Discs)

1. DVD, atau “digital versatile discs,” adalah perangkat penyimpanan yang menggunakan teknologi optik atau laser untuk menyimpan video atau data lain. DVD adalah sama sebagai ukuran dan bentuk CD (compact disk), tetapi mereka dapat menyimpan lebih dari enam kali lebih banyak data.

Sebuah DVD-ROM (read-only memori) dapat menyimpan data yang dapat dibaca nanti, namun DVD tidak dapat ditulis untuk lebih lanjut. DVD-R dan DVD + R keduanya dapat ditulis ke, tetapi hanya satu kali, setelah mereka yang menjadi read-only perangkat. DVD-RW dan DVD + RW, namun keduanya dapat menghapus dan menyimpan data berulang kali.
2. DVD dengan lapisan ganda (DVD-DLs) biasanya menyimpan hingga 8GB. Kebanyakan DVD yang single-layered (DVD-SLS) dan hanya terus sekitar 4GB. DVD menyimpan data dengan mikroskopis grooves disebut “pits” dibakar mereka yang menjadi kebiru-biruan-ungu, reflektif permukaan oleh laser di drive DVD-burning. The pits yang dibakar di sudut tertentu, yang menterjemahkan melalui teknologi optik sebagai biner 1′s and 0′s.
3. DVD-ROM menggunakan teknologi optik untuk membaca DVD dan CD. CD akan mundur dari evolutions DVD, berarti DVD-ROM yang kompatibel ke belakang dan dapat membaca CD. DVD-ROM memiliki jalur optik, drive yang memegang kepala laser, sebuah lensa dan perangkat bernama photodiodes, membaca cahaya yang kuat dari DVD pits.

Sebuah DVD-ROM bergerak ke dua servomechanisms terus DVD benar. Salah satu mekanisme memegang lensa dan disk pada jarak yang benar, dan yang kedua kepala bergerak sepanjang drive DVD dari radius. Laser kemudian menggunakan sebuah balok terang, yang membuat DVD dari pits; setiap mogok bouncing maka kembali ke dalam lensa. Lensa ‘photodiodes menerjemahkan ringan dari sudut yang bias menjadi data dan informasi. PC yang terhubung ke DVD-ROM kemudian internalizes data yang dikirim dari diodes ke prosesor sendiri. Prosesor kemudian menentukan apa yang perlu dilakukan dengan data (baik untuk memutar suara, video, games, dll).

« Penyimpanan Data


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: