Teknologi Informasi & Komunikasi

Jl. Raya Citarik Desa Jatireja Kecamatan Cikarang Timur

Floppy Disk

Cakram liuk atau disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.

 Cakram liuk “dibaca” dan “ditulis” menggunakan kandar cakram liuk (floppy disk drive, FDD). Kapasitas cakram liuk yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada cakram liuk), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.

Mungkin buat mereka yang terlahir di era millenium akan merasa asing , apa itu “disket” atau “floppy disc”. Anak jaman sekarang mungkin lebih mengenal flash disk ketimbang floppy disk. Popularitas floppy disc terus menurun dan bisa dibilang punah karena tak lagi digunakan banyak orang. Produsen komputer pun mulai meniadakannya di PC dan laptop baru buatannya.
Perangkat disket yang dulu sangat populer sebagai media penyimpanan sudah mendekati ajalnya. Kedatangan perangkat penyimpanan baru seperti USB drive atau CD secara perlahan telah membunuh disket. Perangkat baru tersebut memiliki kapasitas jauh lebih besar dan harganya yang semakin murah.

Kebutuhan akan floppy disc pernah mengalami masa puncak pada pertengahan 1990-an saat hampir semua komputer menggunakan peralatan yang berkapasitas 1,44 MB tersebut. Namun, permintaan atas floppy disc terus menurun sejak berkembangnya CD-R, CD-RW, bahkan USB flash disc yang menawarkan kapasitas penyimpanan data jauh lebih besar.
Meski masih ada yang memproduksi dan memakainya, disket kemungkinan akan segera jadi barang antik. Sony, yang pernah jadi produsen disket besar dunia, kini memutuskan untuk mengakhiri produksi disket, sama seperti berbagai perusahaan besar lain yang tidak lagi menjualnya. Terus menurunannya permintaan, membuat perusahaan pembuat floppy disc menghentikan produksinya.

“Kebanyakan konsumen yang masih tersisa adalah para pengguna peralatan lama di sektor pendidikan dan pusat riset,” kata Sony. Tahun lalu pasar floppy disc di jepang saja mencapai 12 juta buah dan Sony memasok sekitar 70 persennya.

Setelah menghentikan distribusi disket 3,5 Inch di berbagai belahan dunia, Sony tidak akan menjual lagi perangkat penyimpanan itu di negaranya, Jepang. Seluruh proses produksi bakal dihentikan mulai Maret tahun 2011. Dari TGdaily, Senin (26/4/2010), Sony termasuk perusahaan yang membantu kelahiran disket pada tahun 1981 dan mulai memasarkannya tahun 1983. Di masa jayanya tahun 2000, Sony sempat mengapalkan sampai 47 juta unit disket.

« Penyimpanan Data


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: